PEMERINTAH DINILAI PERLU MENAMBAH JUMLAH GURU SMK

Photo: SMK ASA
Pengamat pendidikan Universitas Negeri Medan, Dr Mutsyuhito Solin MPd, di Medan, Rabu, menyatakan, saat ini lulusan SMP sudah banyak yang masuk ke SMK dan kurang begitu tertarik belajar di Sekolah Menengah Atas (SMA).
Dengan semakin tingginya minat siswa tamatan SMP/Tsanawiyah untuk melanjutkan ke SMK maka tentunya harus diimbangi dengan jumlah pengajar yang memadai.

"Hal ini sesuai dengan kemajuan dan perkembangan zaman karena lulusan SMK sudah banyak yang diterima bekerja dan bila dibandingkan dengan tamatan SMA," ujar Solin, seperti yang dilansir Antara.

Ia menyebutkan, pendidikan di SMK  itu lebih banyak praktik sehingga tidak siswanya cepat pintar, cerdas dan memiliki SDM yang berkualitas.

Di samping itu, siswa SMK juga sangat cepat dalam menggunakan peralatan praktik dan bahan perlengkapan sekolah itu. Itulah sebabnya SMK menjadi favorit bagi siswa-siswa tamatan SMP/sederajat.
Solin menambahkan, selain memperbanyak jumlah guru-guru SMK pemerintah juga harus memperbanyak gedung-gedung baru SMK demi memenuhi tuntutan masyarakat.

Selain itu, SMK tersebut juga perlu didirikan di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) karena masyarakat sangat mendambakan sekolah kejuruan atau ketrampilan tersebut. "Pemerintah saat ini harus lebih memperbanyak pendirian SMK, karena SMA sudah cukup dan tidak perlu ditambah lagi," kata dosen Unimed itu.

Sebelumnya, Direktur Pengembang SMK Direktorat Pendidikan Dasar Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Mustaghfirin Amin, mengatakan, Indonesia kekurangan sebanyak 18.000 guru SMK. "Hitungan kami, ada sekitar 18.000 guru SMK," ujar Mustaghfirin di sela-sela Lomba Kompetensi Siswa SMK ke-24 di Malang, Jawa Timur, Selasa.

Amin menambahkan kekurangan terjadi di daerah-daerah tertinggal, terluar dan terdepan. "Sekarang memang sudah ada program Guru Garis Depan (GGD) tetapi masih sebatas guru Sekolah Dasar (SD). Kami berharap ke depan GGD, tersebut juga menyentuh guru SMK," kata dia.

Saat ini jumlah guru SMK di Tanah Air mencapai 270.000. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun ini akan membangun sebanyak 341 SMK. [Republika.co.id]
PEMERINTAH DINILAI PERLU MENAMBAH JUMLAH GURU SMK
Item Reviewed: PEMERINTAH DINILAI PERLU MENAMBAH JUMLAH GURU SMK 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Comments
0 Comments
Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!